Laman

Kamis, 30 April 2015

Cara membuat Harddisk External menjadi Bootable USB untuk install Windows


        Halo gan, udah lama banget ane ga posting dan berbagi pengalaman, hehe. Kali ini ane mau nge-share pengalaman ane tentang Cara Install Windows dari Harddisk External. Mungkin cara ini udah dikasih tau sama beberapa situs, tapi gaada salahnya bagi ane untuk berbagi kepada pengunjung blog ane ini. Oke deh, mungkin kita mulai tata caranya

          Untuk install windows dari harddisk external, silahkan siapkan hal hal berikut ini gan :

  • Harddisk External
  • File Image (ISO) dari Windows yang mau digunakan
  • Laptop/ Komputer
  • Kopi.... (ini ga terlalu penting kali ya)
  1.  Oke, kita masuk ke LANGKAH PERTAMA :
  •  Setelah kita persiapkan hal hal yang ada diatas, ada baiknya kalo antivirus / Windows Defender nya itu matiin dulu (recommended) bagi harddisk nya terdapat banyak crack. Karena crack itu bersifat virus dan pasti bakalan langsung keapus sama antivirusnya.

  • Pastiin kalo harddisk ente itu ada space minimal 5 – 10 Gb untuk penempatan File Image Windows yang akan dipakai. Recommended 10Gb
  • Abis harddisk nya di colokkk silahkan buka Control Panel > Administrative Tools


 

  •  Lalu buka Computer Management



  • Kalo udah kebuka, pilih menu Disk Management yang ada di toolbar kiri. Contoh dibawah ini

 

  • Karena ane make harddisk yang merknya Toshiba, maka yang akan kedetek itu Wibi Toshiba pada bagian Disk 1

  • Langung Klik Kanan pada Harddisk yang mau dijadiin bootable lalu klik Shrink Volume. Contoh gambar dibawah ini gan :

 

  • Setelah loading selesai maka akan muncul jendela langsung klik Next aja sampe keluar jendela seperti ini gan :

 

  • Masukan berapa total kapasitas harddisk yang akan di Shrink / partisi pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB. Kalo ane mendingan cari aman aja, jadinya ane masukin 10Gb, daripada nanti kalo kurang ane nya musti bolak balik lagi, wakkakaka. Jadi ane setuju untuk masukin 10000 (dalam MB) seperti pada gambar sebelumnya

  • Klik tombol “Shrink” dan proses akan segera dimulai

  • Andaikan udah selesai, nanti ada bagian partisi yang kita “Shrink” / partisi tadi, seperti gambar dibawah ini :




  •  Langkah selanjutnya kita akan membuat partisi menjadi aktif dengan cara klik kanan > New Simple Volume

 

  • Nanti akan keluar jendela seperti yang ane kasih dibawah ini.


  • Next terus sampe keluar bagian jendela seperti dibawah ini. Dan pilih bagian File System – nya dari FAT32 menjadi NTFS. Next lagi dan Finish

 

  • Setelah agan klik finish, maka Disk Management akan bekerja untuk proses pembuatan partisi. Tunggu sampai selesai dan hasilnya akan jadi seperti ini gan

 

  •  Santai gan belom kelar sampe sini nih, hahaha. Langkah selanjutnya kita akan membuat partisi yang kita buat tadi menjadi “Active”. Dengan cara Klik kanan > Mark this Partition as Active



  • Andaikan udah, nanti hasil partisi yang kita buat lagi akan jadi seperti ini gan. Akan ada tambahan kalimat “Healthy (Active, Primary Partition)" bisa dibandingkan dengan gambar sebelumnya



      2. Oke deh kelar untuk Langkah Pertama gan. Sekarang kita masuk ke Langkah Kedua :



  • Langkah kedua mungkin lebih dari simple ya gan, soalnya kita cuman masukin file yang ada dalam Image windows tersebut ke partisi yang sudah kita buat. Untuk mounting File Image bisa menggunakan software Daemon Tools, Ultra ISO, Power ISO, dll.

  • Setelah copy file yang ada di File Image Windows yang mau kita gunakan, ubah file/ rename “bootmgr” menjadi “NTLDR” seperti 2 gambar yang ada dibawah ini gan. File yang kita ubah adalah “bootmgr” bukan “bootmgr.efi” ane gatau deh yang bakalan kejadian seperti apa, hahahhaa. Lihat contoh 2 gambar yang ada dibawah ini gan


Nah yang ini sesudah dirubah gan



        Udah deh kelar... Simple tapi memuaskan gan, hahaha. Sekarang harddisk ente udah siap untuk dijadikan Bootable External Harddisk. Untuk cara boot nya menggunakan harddisk juga simple. Ikutin langkah langkah dibawah ini gan

1.   Masuk sistem BIOS (restart dulu, tapi dengan kondisi harddisk masih kita colok)
2.    Pilih menu Boot
3.    Setting Boot Priority
4.    Pilih Harddisk external yang ente gunakan. Sesuaikan dengan nama harddisk ente yang kedetek di sistem. Kalo ane “Wibi Toshiba” gatau kalo ente apaan, wakakkakaa
5.    Save settings & exit
6.    Boot seperti biasa, andaikan nanti ga keluar otomatis, coba pencet boot mode, biasanya setiap laptop boot modenya beda beda. Seperti Asus itu klik tombol Esc dan Acer menggunakan F12

Oke deh gan, mungkin itu aja yang bisa ane share ke ente, andaikan ente suka dengan postingan ini, silahkan klik tombol +1 dibawah untuk dibagikan ke google. Terimakasih udah mau berkunjung ke blog ane yang sederhana ini, semoga bisa membantu ente.


64 komentar:

  1. gan, kalo "mark partition as active" nggak bisa diklik gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai comand prompt aja gan... saya juga kena hal yang serupa. tapi tetap bisa dirubah dengan pakai perintah di cmd...

      Hapus
    2. cara pake cmd nya bgmana??

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Udah aktif mungkin. Cek di kolom status. Kalo yg udh aktif stat nya healthy,(active, primary partition)

      Hapus
  2. cara balikin ke asal gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di delete volume langsung aja gan dari control panel yang tadi, dan kalo mau gabungin ke partisi lain tinggal di tambahin aja :)

      terimakasih sudah berkunjung ke Deyzshop

      Hapus
  3. Kalau buat hiren boot HDD bukan boot cd atau usb atu minitol noot hdd,, atau singkatnya buat multi boot disalah satu partisi hdd int
    ernal gimana caranya.."""

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat multi boot HDD ane sendiri belom bisa gan, karena kalo pake harddisk itu harus semua volume yang dijadiin boot...

      kecuali di flesdis mungkin bisa. soalnya ane belom nemu tool untuk buat multiboot DVD atau Hdd atau flesdis

      terimakasih sudah berkunjung ke Deyzshop

      Hapus
    2. pake yumi bisa bos. ayok tmbh ilmu

      Hapus
  4. kok malah muncul tulisan not enough gan, padahal hardisk ext ane, free space 16gb ?

    BalasHapus
  5. cara biar ga jadi bootable lagi hdd nya gimana gan?

    BalasHapus
  6. Terima Kasih gan ...Salam sukses selalu

    BalasHapus
  7. ini data yg sudah ada pada hardisk external harus dipindahin dulu atau langsung aja dipartisi seperti cara di atas gan? kira2 klo langsung dipartisi data yg sudah ada pada hardisk hilang gak? tolong dijawab gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kan udh buat partisi baru.. jdi yg dirubah cuman partisi yg baru di buat

      Hapus
  8. sip.., sederhana gak pake tool macem macem tinggal comot 'n paste

    BalasHapus
  9. bisa gc gan, bwt multiboot pke hdd ext. Tanpa mengubah bootmgr ny??

    BalasHapus
  10. kalo dibikin banyak OS gimana gan...? mohon pencerahannya..hehe

    BalasHapus
  11. pnya ane sudah di instal lewat hdd eksternal,, tapi setelah dikembalikan bootnya ke hdd internal kok gk bisa booting ke windows harus lewat hdd eksternal,,, jd cara mengembalikan ke booting hdd internal bagaimana?

    BalasHapus
  12. Ko punya saya pas klik srink ada tampilan the volume you have selected corrupted.
    Gmn ini

    BalasHapus
  13. Sukses buaaaaaaanget kak punya saya, yaaaa meski ada sedikit kendala saat mau Mark This Partition Active, tapi saya pakek AOMEI PARTITION karna lebih mudah bikinnya. Dan tambahan kalo boleeeeehhhh, kalo gak bisa di MARK itu berarti partisi yang akan kita buat belum menjadi PRIMARY PARTITION. Makasih kak tutornya, moga sukses selalu.

    BalasHapus
  14. kenapa punya saya masih belum aktif

    BalasHapus
  15. gan kalo di hardisk nya dah ada data trus bikin bootable, apa datanya msh aman gan?

    BalasHapus
  16. Chanell youtubenya ada gak min..
    ?

    BalasHapus
  17. Mantap langsung praktek gan ....

    BalasHapus
  18. kok dipilihan shrink volumenya gk bisa yaaa

    BalasHapus
  19. mantab gan ud coba ... siippp

    BalasHapus
  20. Proses post gak tembus... apa yg salah ya guys?? Padahal udh ikutin smua tutorialx

    BalasHapus
  21. misi gan. ane udah coba seperti tahap yang di atas, tapi pas di restart kan muncul press any key too boot from usb kan, pas aku tekan tombol keyboard malah muncul BOOTMGR is missing. mohon petunjuknya gan...

    BalasHapus
  22. Terima kasih min. Ilmu yg sangat bermanfaat khususnya di bidang komputer.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah .... nambah ilmu dan wawasan ... hatur nuhun ente hebat barokah

    BalasHapus
  24. boleh nanya gan?
    kalo dalam satu hardisk eksternal pingin bootablenya beberapa windows bisa ga? misal win 7 win 8 dan win 10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gan, di bikin dulu bootable di hdd nya, nah nanti yg di aktifin yg perlu aja, misal mau instal win 7, ya win8 sama win10 nya di disable, cara disable nya coba di pindahin dulu file setup nya.. ke folder lain

      Hapus
  25. Makasih bgt gan, kebantu bgt sama tutornya, soalnya mau install windows tp flashdisk pada rusak, dvd dom rusak, pake lan tp kok ribet, dah muter2 sana sini.. akhirnya pake cara ini.. dan berhasil.. thanks gan

    BalasHapus
  26. Dulu w pernah instal ulang jg dari harddisk, cuman udh lupa cara nya, untung ktemu postingan ente gan 👍👍👍 thx bgt gan 😂👌

    BalasHapus
  27. Terimakasih gan sangat membantu, sukses terus gan

    BalasHapus
  28. Gan saya pas di boot USB hardisk loading mulu. Verifing DMI Pool Data

    BalasHapus
  29. Hardisk external tak boleh ada file2 lain selain software windowsnya kah? Atau boleh ada folder lain? Pengaruh gaj?

    BalasHapus
  30. gak bisa mark as active gan. udh coba pk CMD (diskpart) jg sama. ada solusi gan?

    BalasHapus
  31. gan kok hardisk ane sisa 192gb tapi di unlocated volume nya cuma bisa maksimal 732 mb sih?

    BalasHapus
  32. penulisan nya enak ya :v Gk terlalu kaku ada becandaan nya :v dan materi yg di sampaikan juga simple dan jelas :D Thankyou

    BalasHapus
  33. Gan,minta link donwnload windows 8 yg bagus n mudah downloadnya

    BalasHapus
  34. Gan, knp musti ubah ke ke NTLDR, knp gk ANELDR aja.. ?! 😝😝

    BalasHapus
  35. Terima kasih...
    Sangat berguna...

    BalasHapus
  36. Gan thank you sangat2 banyak yah....
    Helpful bgt pokoknya

    BalasHapus
  37. Kok di saya ga bisa ya gan. Padahal udah semua step dilakuin

    BalasHapus
  38. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus