Laman

Selasa, 20 Mei 2014

Cara membuat bootable USB Windows dengan Power ISO 5


Cara membuat Bootable USB dengan power ISO 5

    Halo gan, ane kembali lagi untuk memberikan tutorial. Sekarang ane akan membarikan tutorial mengenai cara membuat bootable USB dengan Power ISO 5. Kelebihan bootable lewat USB menurut ane itu bakalan lebih cepet banget dibandingkan pake DVD biasa.
           
   Beberapa cara udah ane coba untuk membuat bootable USB dan mungkin dengan menggunakan power ISO 5 itu adalah cara yang termudah dan terbaik. Kenapa ane harus pake power ISO 5? Karena kalo di Power ISO 5 itu memberikan cara cara yang bener bener gampang banget gan. Mungkin positngan ane ini ketauan ketinggalan jaman ya wakakaka. Soalnya pasti di beberapa situs/ blog udah membuat postingan mengenai cara membuat bootable USB dengan power ISO
            
    Oke deh gan mungkin langsung aja ane kasih tau cara caranya :D:D:D:D cekidot :


Bahan bahan yang harus disiapkan (dikira masak kali –“):
1. Flashdisk dengan kapasitas 8GB Recommended
          Kenapa 8 GB? Karena kalo mau membuat bootable ush dengan flashdisk 4B suka ga berhasil gan. Tapi mungkin bisa berhasil juga tergantung besarnya file windows yang akan dimuat menjadi bootbale USB

2. Power ISO 5
          Kalo misalkan ente belom punya power ISO 5. Silahkan download DISINI gan. Udah full Crack

3. Laptop/ PC
          Kenapa ane sediakan ini? Yaiyalah gan.... kalo misalkan gaada laptop/ PC gimana mau buat bootable USB nya? Wakakkaka

4. Windows yang agan inginkan
          Sekarang kita membutuhkan file Windows yang berbentuk ISO gan. Kalo masih belom berbentuk file ISO, silahkan baca tutorial merubah file biasa menjadi extensi ISO
          Oke, mungkin keempat hal yang tadi bener bener dibutuhkan ya gan. Sekarang langsung ke proses kerjanya. Sebelom melihat proses kerja, ada baiknya kalo ente itu benar benar membaca cara caranya sebelom bertanya. Dan mudah mudahan postingan ane yang kali ini bisa untuk menambah ilmu agan masing masing J

Langkah Kerja :

1 .  Buka power iso. Sebelom membuka, ada baiknya agan klik kanan dan “Run as Administrator” terlebih dahulu biar proses nya stabil

2. Kalo udah kebuka menuju toolbar dan pilih [ Tools > Create Bootable USB drive]
Seperti ini gan :

3. Klik aja pilihan menu “Create Bootable USB Drive” nya. Nanti akan keluar notifikasi untuk menjalankan power iso sebagai administrator (bagi yang belom menjalankannya sebagai administrator). Nanti contoh yang keluar akan seperti ini gan :

4. Pilih file windows yang akan dibuat menjadi bootable USB. Contoh seperti ini : 



Kalo ane menaruh file nya di [ I > Windows > Windows 8.1 Enterprise x64 ]. Tergantung agan naro windows nya dimana. Kurang lebih seperti ini gan :


 Kalo misalkan udah milih windows nya, silahkan klik open


5. Pilih Destination USB drive seperti gambar yang dibawah. Kalo ane make JetFlash Transcend 8GB. Kalo udah milih destinationnya, klik Start



6. Tunggu sampai proses membuat Bootable USB Drive sampai selesai



7. Nanti kalo udah selesai bakalan jadinya kaya gini gan :



8. Langsung deh Close dan exit power ISO 5 nya gan. Untuk membuktikan, buka [ My Computer ]. Nanti flashdisk ente bakalan jadi kaya gini :


       Kalo kaya gitu tandanya flashdisk ente udah siap untuk dijadikan bootable USB. Untuk tutorial install nya nanti akan ane posting lagi gan.

Keuntungan membuat Bootable USB :
- Ente gausah beli banyak banyak DVD untuk mebuat file instalasi windows
- Bisa diformat ulang, dan bisa dijadikan Bootable USB lagi dengan windows lain
- Udah deh gitu aja :D

Sumber : Pengalaman asli TS dalam jasa instalasi windows

2 komentar: