Laman

Kamis, 31 Agustus 2017

Renungan Kehidupan... Part I "HOAX"


Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh. Dalam kehidupan modern ini, pasti kita gaakan lepas sama yang namanya berita, kabar, informasi, ilmu pengetahuan, pengalaman, dan lain sebagainya. Dan ga jarang juga kita sudah terlanjur menyebar berita yang bisa disebut dengan “Viral” dan nyatanya itu adalah HOAX. Apasih Hoax itu? Bagaimana kita menyikapinya?

Sebenernya sih ane secara pribadi udah punya prinsip atau patokan dalam hidup tentang menangani berita yang berbau fitnah, hoax, su’udzon, dll sebagainya (ane muslim Alhamdulillah, tapi postingan ini tidak ada unsur diskriminasi dan lain sebagainya yang buruk-buruk). Ayo deh kita coba cermatin soalnya gue (gausah formal deh) secara pribadi itu paling gasuka ada orang yang menyebarkan berita yang ternyata HOAX. Kenapa? Ya soalnya pasti akan memecah belah suatu kaum atau kelompok, PRO dan KONTRA itu hukumnya “MUTLAK” di kehidupan kita ini dan kedua hal itu gaakan pernah lepas. Mungkin karena udah kodratnya manusia diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta’Ala dengan seperti itu adanya.

Disini gue mau ngajak agan semua untuk merenung... renungin masalah hoax yang ada di Negara Indonesia ini. Kenapa orang menyebarkan HOAX? Kenapa kita termakan sama HOAX? Disini gue kemas dalam hukum Agama Islam aja ya, MOHON MAAF ane tidak kemas dalam hukum Agama lain karena keterbatasan pengetahuan ane, kalo mau nambahin ya silahkan tambahkan di kolom komentar J. Dan menanggapi hal Tabayyun atau Telitilah Dulu ane akan coba menerangkan prinsip teori yang udah ane kemas sedemikian rupa dari 2 tahun lalu.

1.         Apa itu HOAX?
HOAX ya menurut gue itu berita bohong yang dibuat sama orang-orang yang sama sekali tidak mempunyai tanggung jawab dan ga inget sama yang namanya DOSA. Tapi kita lihat penjelasan yang gue ambil di internet ini.

“Hoax (bahasa inggris) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah benar adanya” – Wikipedia

Satu aja ya, dari satu itu pun kita udah ngerti HOAX itu apa. Untuk yang mau nyari definisi yang lebih tajem, silahkan cari dengan mandiri menggunakan aplikasi Google.

2.         Kenapa orang dengan mudah menyebarkan HOAX?
Kenapa ya? Menurut gue sih ada beberapa alasan kenapa orang menyebarkan berita hoax, yaitu :

1.    Tidak tahu/ kekurangan informasi (masih wajar, dan bisa minta maaf)
Kalo masalah ketidaktahuan kita, mungkin kita sebagai netizen bisa memaafkan dengan sangat tulus lahir dan batin ya. Karena emang kita itu beneran gatau kalo itu berita hoax. Contoh yang beberapa waktu lalu dari akun IG TNBG (The New Bikin Gregetan) yang kalo gasalah ngasih informasi anak-anak yang jualan es keliling, dan ternyata itu hoax.
Gue sih berprasangka baik aja, emang forum ini menurut ane kan emang Admin nya itu baik ya, dia rela buang-buang kuota dan waktu demi bisa memberikan informasi ke orang-orang yang punya kemanusiaan tinggi ato bahasa enaknya ya “ga tegaan” atau juga mau membantu orang yang (maap) sedang “dibawah”. Bahasa gampangnya ya TNBG itu jadi Jembatan antara Donatur dan penerima donaturm udah gitu aja... Dan mungkin ya mungkin, karena keterbatasan informasi mungkin si Admin ini langsung post dan akhirnya apa? Admin nya minta maaf kan karena udah menyebarkan berita yang gataunya hoax?
Kalo dalam hal penyebaran berita hoax ini menurut gue ya tidak disengaja karena beberapa faktor diatas (jangan baper dulu ya admin TNBG, niatku baik kok. Dan gue sangat Apresiasi tentang apa yang udah Admin lakuin selama ini J ). Intinya diperjelas dengan permohonan maaf ke netizen itu udah sangat cukup (menurut gue pribadi).
Diatas mungkin salah satu contoh ya, soalnya yang masih anget di kepala ane ya itu doang, hehehehe.

2.    Dibutakan dengan uang (ini yang paling bermasalah)
Kalo udah kena masalah ini, yah mau gimana? Manusia kalo udah dibutain dengan sesuatu yaudah, pasti bakalan ancur (menurut gue). Mungkin untuk part ini bakalan ane share di part berikutnya ya... jangan kemana-mana, soalnya kalo ane bahas disini, agan bakalan bosen banget bacanya.... hehehe

3.     Bagaimana Menyikapi hal tersebut?
Ane secara pribadi sih kalo menyikapi suatu informasi, dll itu yang ane inget selalu satu... yaitu ilmu tentang “TABAYYUN” atau “TELITI DULU”. Soalnya apa? Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat (49:6)

”Wahai orang-orang yang beriman, jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka TABAYYUNLAH (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian.”

Oke kan? Ini Allah loh yang bilang, bukan ane secara pribadi. Jadi kalo ane pribadi sih ya pastinya langsung ngomong “tau darimane lo?” atau “ada informasi valid ga? Jangan-jangan lo dapet itu fitnah?”, “cek dulu informasinya, jangan sampe lo yang kemakan sama berita fitnah”. Ya Cuma itu sih yang ane tangkep kalo dapet segala sesuatu yang berbau berita, informasi, pengalaman, dll. Dan ane selalu mengingatkan sama diri ane sendiri dan teman-teman sekalian untuk teliti sama cari informasi lebih lanjut kalo dapet sesuatu.
Kenapa? Ya kalo kita gatau kebenarannya pasti bakalan kita yang malu sendiri atau amit-amit kita bisa dicap sebagai tukang fitnah. Kalo Su’udzon (berburuk sangka) oke ane pribadi masih bilang itu sebagai (MAKRUH) sedangkan fitnah itu (HARAM!!!!!!!!). Kalo kita Su’udzon sama orang lain, mungkin kita akan malu sendiri tapi tingkat malunya itu ya ga sampe amit-amit malu banget. Tapi, kalo kita udah sampe tahap FITNAH, wah baekbaek deh bray, agan mendingan liat hukum dan dosanya agan fitnah di situs salah satu situs dibawah ini ya gan...

Tapi kalo menurut pemahaman ane pribadi sih ya, dalam Hadist itu dibilang kalo agan memfitnah orang, sama aja agan udah ngebunuh orang tersebut, dan tangkepan ane, ngebunuh satu orang itu sama aja agan ngebunuh semua manusia yang ada di muka bumi ini. Hmmm.... kebayang ga itu gan kira-kira Dosanya segede apa?


4.         Inilah teori yang ane ciptain dan udah ane buktiin saat ane lagi mules-mules di motor.
Jadi kronologi ane bisa dapet teori ini waktu ane lagi nahan mules di motor perjalanan mau pulang kerumah. Gatau kenapa, kok bisa ya dapet aja gitu waktu posisi kaya gitu, biasanya kan kalo kita mules pasti mikirnya udah mau ke WC aja, hahaha. Sebenernya sih ane kurang tau teori ini sebelomnya udah ada yang buat apa belom, tapi ane jujur dari hati ane yang sangat dalam kalo teori ini tuh ane yang ciptain sendiri. Kalo ada orang lain yang udah punya teori ini, tolong kasih tau ane di kolom komen ya J

Beras dan Ilmu
Sekarang ane mau nyaranin agan ikutin langkah-langkah yang ane kasih dibawah ini, perhatikan setiap kata-kata, masukkan ke hati, dan renungkan dengan hati yang ikhlas dan mendalam.
1.      Ambil beras... beras mentah ya, bukan nasi.
2.      Liatin itu beras.
3.      Liatin terus itu beras (saat ini mungkin agan bilang kalo ane itu orang gajelas)
4.      Trus lakuin hal ini... makan itu beras
5.      Pasti agan mikir kalo ane makin gajelas. Yasudah liat penjelasannya dibawah ini.

Ada dua kondisi dimana agan mungkin melakukan hal yang ane lakuin, dan agan ga ngelakuin apa yang ane suruh di poin ke 4 dan 5. Oke ini penjelasannya

(semua penjelasan ini berdasarkan hasil survey ane pribadi dan tidak tertulis, jadi disarankan agan untuk tidak baper dan menerima apa adanya penjelasan yang sudah ane kasih)

·           Jika agan melakukan poin 4 dan 5
Dalam kondisi kaya begini, ane yakin (sotoy) kalo agan itu paling gampang kemakan sama omongan orang. Apapun omongan orang itu agan percaya aja, agan ga peduliin itu bener ato engga yang menting agan itu percaya. Jangan baper dulu ya J

·           Jika agan TIDAK melakukan poin 4 dan 5
Agan orangnya sangat berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Ya gampangnya kan ngapain makan beras? Kalo nasi itu lebih enak... bener ga? Dan agan itu orangnya selalu memerhatikan bener ato tidaknya tindakan yang agan lakuin. Jangan bangga dulu ya...

Penjelasannya adalaaahh.... ini bagian yang sangat penting. Saat kita melihat beras, yang ada di benak kita itu apa?......????? “yang pasti kalo ga disimpen ya diolah bukan?
Beras kalo mau jadi nasi ya harus :
dicuci dulu,
direbus, dan
ditanak, lalu
jadilah nasi. Intinya diolah
Trus apa hubungannya sama ilmu? Ane beranggapan kalo beras dan ilmu itu berkaitan.

Jika kita makan beras, tentunya kita tidak akan nyaman dalam menyantap makanan, karena ane gapernah sekalipun disuruh makan beras, melainkan disuruh makan nasi. Amit-amitnya kalo kita makan beras, beras itu kan tajem ujung-ujungnya, bisa jadi kalo keselek di tenggorokan, tenggorokan kita bisa sobek.

 Trus apa kaitannya dengan ilmu? Beras itu sama seperti ilmu yang kita dapat, yaitu pasti masih bersifat mentah.

Jika kita menggunakan ilmu yang baru kita dapat dan mengaplikasikannya dikehidupan tanpa diolah atau disaring terlebih dahulu, kita akan merugikan diri sendiri atau merugikan orang lain, sama seperti kita makan beras tanpa diolah, kita bisa merugikan diri sendiri (tenggorokan keselek trus sobek, di lambung bermasalah, dll).

Untuk itu, olahlah ilmu yang kalian dapat, disaring, dicoba cari pembuktiannya, diskusikan, baru kasih ke orang lain. Kasihlah orang lain itu nasi untuk dimakan, jangan beras untuk dimakan. Olahlah ilmu yang baru kalian dapatkan baru ajarkan ke orang.
Olahlah informasi yang kalian dapatkan, cari kebenarannya, baru sebarkan ke orang.”

Agan bingung? Cobalah renungkan dengan cara agan masing-masing.

Contoh 1 (pengalaman nyata waktu Pilpres):
Dapet informasi kalo pak Jokowi itu berguru di sebuah hotel dan masuk ke kamar nomer 13 dan disitu pak Jokowi dijampi-jampi sama guru beliau dan lain sebagainya. Apa ane percaya apa kata temen ane? Mohon maaf, tanpa informasi yang valid ane gaakan mau percaya. Ane bilang gini ke temen... “lo dapet informasi dari mana?”, “apa bener itu informasi yang lo dapet?”. Ini adalah contoh orang yang percaya sama omongan orang yang gatau asal usulnya berita kaya gini.

Contoh 2 (temen deket ane itu cabul dan bakalan nusuk ane dari belakang) :
Dapet informasi kalo temen main ane itu bakalan nusuk ane dari belakang. Dan yang ngasih tau informasi ini pun orang yang kebetulan deket sama ane juga (mungkin temen ane kurang seneng sama temen ane yang satu ini) apakah ane percaya? Ane cari klarifikasi ke temen ane sendiri dan temen ane bilang “kalo gue ngelakuin itu, silahkan bunuh gue, gue bikin surat perjanjian pake materai 6000 kalo gue siap dibunuh sama lu!”. Kalo begini ane percaya apa engga? Tentu tidak... ane tinggal bilang waktu yang berbicara...
2 bulan berlalu dan nyatanya apa? Temen deket ane yang satunya lagi itu mencoba menghasut ane dan akhirnya dia sendiri yang nusuk ane dari belakang. Tentunya dia kemakan omongannya dia sendiri kan?

   Dari sini mungkin agan bisa menyimpulkan apa maksud dari Tabayyun itu sendiri atau telitilah sebelum kita menggunakan segala ilmu atau informasi yang kita punya. Ingat Dosa dan harga diri kita, bukan semata-mata dihasut dengan uang atau yang lebih buruk lagi adalah Nafsu...

Siyap deh gan, mungkin ini aja yang bisa ane bagi ke agan-agan pembaca. Ane mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan, harap maklum ngetiknya sambil joget dengerin lagunya Pakde Didi Kempot. Jika ada salah kata mohon dimaafkan, karena niat ane ini berbagi, bukan untuk mencaci atau menghasut ke bagian negatif...

Buat teori yang udah ane bikin, kalo sebenernya udah ada yang punya, tolong kasih tau ane situsnya ya, nanti biar ane tambahin link tempat teori tersebut (kali aja ada yang sama).

Terimakasih gan udah mau menyempatkan membaca sharing-an ane yang sederhana ini berbentuk tulisan J ditunggu komentar positifnya dan kritikan yang membangun ya gan J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar